Rabu, 09 Desember 2015

LATIHAN SOAL

1. Seseorang membuat tabung seperti pada gambar. Lalu mengisinya dengan air raksa (warna hitam), air (warna abu- abu), dan  minyak (warna putih). Jika massa jenis merkuri, air, dan minyak  masing-masing adalah 13.000, 1.000 dan 800 kg/m³. Berapa tekanan dititik 1, 2, 3 dan 4?



2.   Sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu dan dua orang anak, dengan masing-masing massanya  adalah70 kg, 60 kg, 20 kg dan 10 kg. Mereka mempunyai sebuah kolam renang dibelakang rumah mereka. Ayah ingin membuat sebuah perahu sederhana dar papan kayu ( dengan massa jenis =500kg/m³) yang dapat terapung ketika dinaiki empat orang anggota keluarga tersebut. Ayah lalumemotong sebuah papan dengan ukuran panjang  x  lebar sama dengan 2m x 2m. Jika massa jenis air 1000kg/m³, hitung tinggi papan kayu agar air tidak membasahi permukaan yang akan ditempati ke empat anggota keluarga tersebut. Jelaskan logika anda !

3.   Seorang tukang emas ingin membuat sebuah bola berongga yang terbuat dari emas murni. Tentukanlah jari-jari dalam dan luar bola emas ini agar bola emas ini terapung setengahnya diatas air. Anggap massa jenis air 1000 kg/m³ dan massa jenis emas 19300 kg/m³.
4.   Sebongkah es terapung didalam gelas berisi air penuh. Ketika es meleleh, apakah ada air yang tumpah dari gelas? Jelaskan logika anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar